Iklan

Singapore Tourism Board Indonesia MICE Forum 2020

10/20/2020, 05:21 WIB Last Updated 2020-10-19T22:21:51Z

 


Jakarta, Beritainn,- Singapore Tourism Board Indonesia MICE Forum 2020 yang diselenggarakan pada Rabu, (7/10/2020) lalu dengan tema “Towards the Safe Resumption of Business Events in Singapore”.
Singapore Tourism Board Indonesia MICE Forum 2020 merupakan acara webinar yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Singapore Tourism Board Indonesia, dengan menghadirkan sejumlah narasumber seperti Executive Director STB Southeast Asia Mr.John Gregory Conceicao, Director Travel Agents & Tourist Guides STB Mr. Kenneth Lim, Vice President Sales Marina Bay Sands Mr. Michael B. Lee, dan Managing Director Allianz Utama Indonesia Mr. Nyean Soon Chin. Acara ini diikuti oleh 500 peserta dari industri travel, mitra korporasi, event organizer asosiasi, dan media.

Industri MICE merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian Singapura. Pemerintah Singapura pun kini memulai kembali penerimaan delegasi MICE dan melakukan persiapan yang melibatkan pemangku kepentingan dan par pelaku industri. Sementara itu, perbatasan Singapura akan dibuka secara aman dan bertahap. Karenanya, Singapura memperkenalkan “Safe Travel Itinerary” bagi negara tertentu yang terlibat kerja sama “Reciprocal Green Lane” atau jalur hijau khusus. Selain itu, Singapura juga mempersiapkan Safe Business Event, yakni kerangka kerja untuk memandu para pelaku industri MICE untuk menerima para pengunjung MICE. Guna menyambut kunjungan MICE pihak korporasi ataupun penyedia jasa kini tengah berbenah dan memastikan faktor kebersihan dan higienitas menjadi prioritas utama.

Beberapa informasi penting yang dapat kami rangkum dari acara tersebut, antara lain:

1.Singapura memulai penyelenggaraan acara MICE secara bertahap
Mulai 1 Oktober 2020, Singapura mulai menerima pengajuan penyelenggaraan acara MICE dengan jumlah pengunjung maksimal 250 orang.

2.Singapura memperkenalkan Safe Travel Itinerary
Guna menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung MICE, The Alliance for Action on Enabling Safe and Innovative Visitor Experiences akan mengujicobakan safe travel itinerary untuk delegasi MICE pada acara Travel Revive yang akan diadakan oleh ITB Asia dan Singapore Tourism Board  pada bulan November 2020 nanti. Bagi pengunjung MICE, Safe Travel Itinerary mencakup aktivitas  persiapan sebelum kedatangan, saat kedatangan di Changi Airport Singapura, perjalanan menuju dan saat tiba di hotel, selama, dan setelah acara MICE berlangsung. Contoh penerapan Safe Travel Itinerary ini, antara lain pengalaman bebas sentuhan (touchless) pada berbagai fasilitas seperti saat melewati pintu, check-in di hotel, mengisi kartu embarkasi dengan SG Arrival Card melalui aplikasi Visit Singapore, serta mewajibkan pengunjung mengunduh aplikasi TraceTogether untuk memudahkan pelacakan kontak.

3.Singapura mengusung teknologi untuk mendukung sektor MICE
Singapore Tourism Board dan Enterprise Singapore (ESG) telah bekerja sama untuk merumuskan kerangka kerja Event  Industry  Resilience Roadmap (IRR) yang fokus pada tiga tujuan strategis; (1) membuat standar terbaik untuk keamanan event, (2) membuat model bisnis baru dengan pemanfaatan teknologi terbaru, dan (3) mengembangkan rencana profesional untuk masa depan, terutama masapasca pandemi.

4.STB tetap menawarkan insentif bagi korporasi, event organizer & agen pariwisata di Indonesia untuk penyelenggaraan MICE di Singapura
Skema insentif bagi penyelenggara kegiatan MICE di Singapura akan dievaluasi berdasarkan profil perusahaan dan peserta, jumlah peserta dan konten acara. Ada beberapa skema insentif yang dapat dipilih sesuai kategori kegiatan MICE, ,yakni Business Events in Singapore (BEIS) dan In Singapore Incentive & Rewards Global (Inspire Global), Special Travel Agent Reward (Stars Reward), Support untuk Group Cruise (Cruise Support), dan Singapore MICE Advantage Programme 3.0 (SMAP).

5.Singapura tetap menjadi destinasi utama dunia untuk kegiatan MICE
Singapura tetap menjadi salah satu tujuan utama dunia untuk melakukan kegiatan Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE) dengan didukung fasilitas modern, teknologi terkini dan konektivitas udara lewat Changi Airport. Singapura telah diakui secara global sebagai Top Meeting City di Asia Pasifik selama 18 tahun berturut-turut dalam ICC Global Rankings.

Rekaman STB MICE Forum 2020 dan informasi lainnya bisa diakses melalui link berikut:
Press Kit : http://bit.ly/presskit_STB
Materi Presentasi : http://bit.ly/STB_Indonesia_MICE_Forum
Rekaman video acara : http://bit.ly/Rekaman_Acara_STBIndonesia_MICE_Forum.(ALNR)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini