Iklan

Quipper Kembali Kucurkan Beasiswa untuk Ribuan Siswa Berprestasi

1/28/2021, 19:45 WIB Last Updated 2021-01-28T12:45:34Z


Jakarta, Beritainn, - Sektor pendidikan memiliki tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan bermutu. Perguruan tinggi menjadi salah satu tumpuan untuk melahirkan lulusan yang kedepannya dapat menjadi SDM yang unggul, inovatif, kreatif, serta  memiliki kompetensi tinggi di bidang kerja. Namun, menurut Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) BPS pada Februari 2020, sayangnya hanya 10.3% angkatan kerja Indonesia yang dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.


Untuk itu, platform teknologi edukasi atau bimbel daring, Quipper, melalui salah satu layanan unggulannya yaitu Quipper Campus, kembali membuka kesempatan bagi pelajar SMA/SMK atau sederajat hingga alumni untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi melalui program beasiswa Quipper Scholarship Award 2021. Program beasiswa ini merupakan gelaran yang kedua kalinya dan memberikan kesempatan yang lebih luas dibandingkan dengan program di tahun sebelumnya. Pada program Quipper Scholarship Award 2020, terdapat 7,524 pendaftar dari seluruh Indonesia dan sebanyak 473 siswa dari berbagai daerah berhasil melanjutkan pendidikan tinggi melalui beasiswa penuh maupun parsial dari 8 perguruan tinggi swasta unggulan. 


Ivonny Sualdani, Quipper Campus Associate Manager Quipper Indonesia, menambahkan latar belakang diselenggarakannya kembali program Quipper Scholarship Award (QSA) di tahun 2021 ini adalah sebagai bentuk upaya dari Quipper untuk turut berkontribusi meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia untuk menggapai cita-cita.

“Program Quipper Scholarship Award 2021, merupakan bentuk upaya dari Quipper guna mewujudkan target pemerintah untuk meningkatkan angka lulusan perguruan tinggi yang masih dibawah 50%. Melalui program ini, kami ingin memberikan kesempatan dan kemudahan kepada seluruh siswa yang ingin melanjutkan sekolah ke universitas-universitas swasta terbaik di Indonesia”. Tambah Ivonny.

Masa pendaftaran beasiswa Quipper Scholarship Award 2021 yang mengusung tema #KuliahUntukSemua ini telah dibuka sejak 4 Januari 2021 dan akan berakhir pada 12 Februari 2021. Dalam program ini nantinya para pejuang beasiswa Quipper Scholarship Award 2021 akan bersaing untuk memperoleh beasiswa dari beberapa perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia, diantaranya adalah Ciputra School of Business (CSB) Makassar, Institut Teknologi PLN (IT PLN), Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Purwokerto, IPMI International Business School, Kalbis Institute, PPM School of Management, Sampoerna University, Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Nusa Mandiri, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), dan Universitas Paramadina. 

Siswa yang mengikuti program beasiswa Quipper Scholarship Award 2021 berkesempatan meraih beasiswa penuh hingga lulus kuliah (full scholarship) atau potongan 25%-75% untuk biaya kuliah (partial scholarship). Untuk  dapat menerima beasiswa dari kampus yang dituju, para calon penerima beasiswa wajib mendaftarkan diri mereka melalui halaman beasiswa Quipper Campus dan memilih 2 dari  13 kampus yang tersedia. Setelah dinyatakan terdaftar, calon peserta akan mengikuti  serangkaian seleksi, salah satunya melalui tes online yang akan diselenggarakan pada 15-26 Februari 2021.

Beberapa persyaratan umum mengikuti Quipper Scholarship Award 2021 antara lain peserta merupakan siswa dan siswi kelas 12 atau alumni, dengan materi yang akan diujikan adalah materi Tes Potensi Skolastik (TPS), dan dikerjakan secara online melalui laman Quipper Campus sesuai tanggal yang telah ditentukan. Proses penyeleksian dan penilaian beasiswa akan dilakukan selama periode Maret-April 2021 dan diumumkan pada tanggal 16 April 2021 melalui website Quipper Campus. Pihak kampus akan mengirimkan Letter of Acceptance (LoA) kepada penerima beasiswa melalui email.

Salah satu penerima beasiswa penuh Quipper Scholarship Award (QSA) 2020 di PPM School of Management jurusan Manajemen, Oktavia Rosianafi Putri dari SMAN 1 Blitar Jawa Timur menuturkan alasan serta perasaannya pada saat mengikuti program QSA pada di 2020.

“Saya ingin meringankan beban kedua orang tua saya dengan mencari biaya kuliah saya sendiri. Selain itu, menurut saya mengikuti beasiswa juga dapat menambah pengalaman, menambah relasi yang saya punya, dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya dan keluarga.“ ujar Oktavia.

Melalui diselenggarakannya program beasiswa Quipper Scholarship Awards (QSA) 2021 diharapkan Quipper dapat terus membantu pemerintah untuk dapat meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, sehingga dapat terciptanya SDM yang unggul, inovatif, kreatif dan siap kerja.(AL)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini