Iklan

5 Alasan Mengajak Anak Berolahraga Sejak Dini Bersama Aquababies

6/15/2021, 22:18 WIB Last Updated 2021-06-15T15:18:48Z

 

Jakarta, Beritainn, - Untuk mengurangi efek negatif dari pengaruh tehnologi yang berkembang sangat cepat, diperlukan kontrol dari orang tua dan Sebagai orang tua, banyak sekali yang ingin kita lakukan untuk anak. Mulai dari memberikan banyak hal yang terbaik, serta menjadi orang tua yang terbaik. Salah satu momentum yang sangat krusial dalam tumbuh kembang anak adalah golden age. Golden age atau periode emas adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting  pada masa awal kehidupan anak. Golden age meliputi 1000 hari pertama kehidupan anak yang dihitung dari masa dalam kandungan sampai dengan usia anak mencapai dua tahun.



Masa golden age sangat penting dan perlu diperhatikan khusus oleh orang tua. Pada masa golden age otak bertumbuh secara maksimal, begitu pula pertumbuhan fisik. Selain itu, masa tersebut juga terjadi perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, dan ekspresi emosi. Jika berbagai kebutuhan anak diabaikan pada masa golden age, anak dikhawatirkan mengalami tumbuh kembang yang kurang optimal.  

Salah satu yang dapat kita optimalkan dalam membantu tumbuh kembang anak di masa golden age adalah olahraga. Namun, olahraga apa saja yang sudah bisa dilakukan anak dengan usia 0-1000 hari?



Ternyata, hanya satu olahraga yang secara natural sudah dapat dilakukan oleh bayi usia dini. Berenang. Tak hanya banyak hal baik yang akan didapatkan bayi yang berenang sejak dini, ada beberapa alasan yang harus diketahui orang tua, mengapa berenang sedini mungkin baik untuk anak:

Pertama, tenggelam merupakan sebab utama kasus kematian bayi berusia di bawah 5 tahun di Inggris. Dengan belajar berenang sedini mungkin, membantu mengaktifkan organ dan keahlian natural berenang anak sejak dini sebagai bekal keamanan selama bermain air di kemudian hari.


Alasan kedua, mengajarkan berenang pada bayi mengurangi angka obesitas anak usia awal pertumbuhan. Masing-masing program Aquababies dilengkapi dengan olah fisik yang lengkap, membantu penguatan jantung dan paru-paru anak, membantu tumbuh kembang otak anak, termasuk meningkatkan stimulasi lima indera (perasa, penciuman, sentuhan, penglihatan dan pendengaran). Dengan mengantarkan anak anda mengikuti sesi berenang, anda akan ikut membakar kalori sebesar 300 kalori setiap sesinya. Good deal, kan? Kegiatan berenang dengan anak juga dapat mempererat ikatan ayah-anak. Biasanya anak memiliki kekuatan bonding yang sangat baik dengan ibu.


Alasan ketiga, kegiatan bersama Aquababies mengajak anak berenang bersama dan mewujudkan quality time anak dan ayah. Aquababies dapat menjadi sekolah pertama bagi si buah hati karena selama sesi renang berlangsung mereka juga akan mempelajari beberapa hal, diantaranya kepercayaan diri, pengambilan keputusan, interaksi sosial, empati, kemampuan mengikuti instruksi, dan pengambilan risiko. Aquababies dapat menjadi sekolah pertama bagi si buah hati karena selama sesi renang berlangsung mereka juga akan mempelajari beberapa hal, diantaranya kepercayaan diri, pengambilan keputusan, interaksi sosial, empati, kemampuan mengikuti instruksi, dan pengambilan risiko.


Alasan keempat, dengan belajar berenang bersama Aquababies, kemampuan anak untuk berkoordinasi akan berkembang. Berenang bersama mainan di air, dapat meningkatkan motor skills bayi Anda. Riset mengatakan, bayi yang dapat berenang dapat menggenggam materi lebih cepat dibandingkan bayi yang tidak bisa berenang. 


Alasan kelima mengapa mengantar anak berenang bersama Aquababies adalah meningkatnya kekuatan anak. Otot yang digunakan dalam sesi berenang bersama Aquababies akan lebih mudah aktif dan kuat, sehingga bayi yang mengikuti sesi berenang akan lebih awal bisa berjalan.(AL) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini