Iklan

Monique Hardjoko – Sociopreneur, Founder Rasa Wastra Indonesia

9/03/2021, 23:06 WIB Last Updated 2021-09-03T16:06:54Z

 

Jakarta, Beritainn, -.  Pariwisata sering diidentikkan dengan mengunjungi tempat yang indah dan kuliner yang nikmat. Masih jarang pelaku wisata yang melakukan kunjungan Wastra Nusantara. Wastra Nusantara merupakan salah satu kekayaan  kebudayaan di Indonesia yang sangat istimewa. Sebutan wastra sendiri merupakan nama lain dari kain tradisional Indonesia yang sangat syarat akan makna. 


Setiap daerah mempunyai wastra nusantara yang khas, baik itu dari material yang digunakan, motif, warna dan juga ukurannya. Salah satu pecinta wisata wastra nusantara ini adalah Monique Hardjoko (44 tahun) lulusan Komunikasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini mendirikan Rasa Wastra Indonesia, sebuah bisnis sosial yang bergerak di bidang edukasi dan promosi budaya dan produk-produk lokal Indonesia.

Dalam kegiatannya melakukan travelling budaya, Monique selalu menyempatkan diri untuk mengexplore Wastra Nusantara di pelosok negri Indonesia yang di datanginya. Hal ini selalu dilakukan pada setiap perjalanannya dengan tujuan untuk melestarikan budaya Indonesia melalui hasil karya sentuhan kain tradisional karya anak bangsa.  sebagai Socioprenuer di bidang budaya tidak semata-mata menjadikan hidup terasa mudah untuk dijalani. Banyak tantangan dan halangan yang menuntut sikap dan cara berpikir terbuka serta berinteraksi antar manusia dengan ketahanan mental yang baik. Berawal dari keinginan menjalani passion sekaligus bisa membantu orang banyak.


Rasa Wastra Indonesia berperan sebagai penghubung antar pelaku untuk pelestarian budaya dan apresiasi terhadap produk-produk buatan Indonesia terutama wastra (kain tradisional buatan tangan) nusantara dan turunannya.Pariwisata sering diidentikkan dengan mengunjungi tempat yang indah dan kuliner yang nikmat. Masih jarang pelaku wisata yang melakukan kunjungan Wastra Nusantara. Wastra Nusantara merupakan salah satu kekayaan  kebudayaan di Indonesia yang sangat istimewa. Sebutan wastra sendiri merupakan nama lain dari kain tradisional Indonesia yang sangat syarat akan makna. 

Tantangan utama adalah bagaimana mengajak makin banyak pelaku (hulu ke hilir) di industri ini untuk berkolaborasi dengan tujuan yang sama. Bagaimana agar produk-produk buatan tangan ini bisa bersanding seimbang seiring perkembangan teknologi dan tren serta bagaimana generasi muda bisa menjadi bagian dari perjalanan ini.


Cerita Rasa Wastra Indonesia

Berawal dari kesukaan sendiri memakai dan padu padan wastra nusantara, Monique berpikir bahwa alangkah baiknya apabila makin banyak orang Indonesia yang mengapresiasi dan beraksi melestarikan wastra nusantara dengan berbagai cara. 

Wastra Nusantara sendiri merupakan peninggalan leluhur secara turun temurun yang menjadi asset berharga bagi kebudayaan Indonesia. Wastra memiliki posisi sosial yang sangat bernilai pada banyak daerah di Indonesia, setiap lembar wastra memiliki keunikan dan cerita tersendiri dalam sejarahnya.

Wastra Nusantara tidak hanya sekedar lembaran kain cantik dan indah namun lebih dari itu adalah tentang cerita perjalanan Indonesia dan tentang nilai-nilai / karakter bangsa Indonesia. Semua proses dibelakang pembuatan wastra nusantara disertai dengan banyak doa dan harapan.

Rasa Wastra Indonesia adalah connector / hub, sebuah ruang rasa tempat menuangkan semua ide gagasan dan pemahaman tepat terhadap budaya khususnya wastra nusantara dan semua cerita dibaliknya. Membawa wastra nusantara mengikuti semua dinamika dunia kekinian dalam bentuk yang menarik dan menginspirasi serta memberikan ruang untuk berdaya sekaligus berbudaya bagi semua pelakunya melalui cerita wastra nusantara. Untuk cerita lengkap bisa dilihat di Instagram @rasawastraindonesia, Youtube Rasa Wastra Indonesia atau website rasawastra.com.

Cerita Olah Rasa dan Olahraga

Monique percaya bahwa keseimbangan hidup dan kebahagiaan bisa didapatkan saat kita terus melatih mental dan membiasakan diri untuk selalu mengasah rasa (hati, pikiran) dan fisik (sehat, bugar). 

Menjadi pegiat, penggiat, pencinta budaya dan olahraga adalah hal yang Monique lakukan untuk mengolah rasa dan raga dan sebagai bentuk giving back setelah perjalanan dan pengalaman cukup panjang bekerja dan berjejaring.

Memiliki rasa dan raga yang baik membuat kita jauh lebih peka terhadap situasi sekaligus terbuka dalam menerima segala hal, ungkap Monique.

Cerita Karir & Keluarga

Lebih dari 20 tahun Monique berkarir profesional di bidang Brand, Marketing & Corporate Communications, Advertising, Public Relation, Media, Activation, CSR, etc di beberapa industri baik perusahaan lokal maupun internasional. 

Keluarga menjadi alasan utama Monique pindah haluan menjadi seorang socioprenuer dan menekuni passion sebagai content creator dan communicator / spokesperson di bidang seputar budaya, wanita, keluarga dan olahraga.

Istri dari Donny Hardjoko (TV Program Director), ibu dari Beata Hardjoko (Sr. High School) dan Abel Hardjoko (Jr. High School) merasa sangat beruntung memiliki keluarga yang mendukung apapun keputusan yang diambil dalam menjalani karir maupun pekerjaan saat ini. 

Semua pilihan pasti ada resiko namun selama kita bisa menerima dan menjalani dengan lapang bahagia maka segalanya jauh lebih mudah.

“Passion is energy, tumbuh lewat langkah kecil, konsistensi dan persistensi. Passion is not all about us, tapi tentang kita dan orang-orang di sekitar kita”(AL)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini