Iklan

KONI minta pemerintah fasilitasi pekerjaan atlet berprestasi

11/22/2021, 22:03 WIB Last Updated 2021-11-22T22:52:42Z

 

, Bekasi, Beritainn, - Dalam Rangka mendukung dan memberi semangat, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meminta pemerintah daerah memfasilitasi pekerjaan bagi para atlet berprestasi khususnya di kancah PON XX Papua 2-15 Oktober 2021 lalu.

"Tidak hanya sebatas bonus maupun stimulus, kami berharap Pemkab Bekasi bisa memberikan pekerjaan kepada para atlet yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bekasi," kata Ketua Umum KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan saat acara penyambutan atlet berprestasi di Bekasi, Sabtu 20/11/2021.

"Bagaimana atlet mau berprestasi kalau kesejahteraannya tidak ada? Bagaimana mereka harus latihan kalau sehari-hari masih harus dipusingkan dengan persoalan hidupnya. Sejauh ini khan hanya stimulus saja support-nya, belum bisa memenuhi kebutuhan secara maksimal," katanya.


"Beberapa punya pekerjaan sampingan, ada juga yang belum punya pekerjaan. Yang belum memenuhi kebutuhan secara maksimal saja, mereka masih bisa berprestasi, seperti atlet judo kita, Billy, yang sudah tiga kali sumbang emas di setiap PON," ucapnya.

"Idealnya agar mereka juga tetap fokus latihan, sebaiknya dipekerjakan di pemerintahan atau di BUMD, jadi selain bekerja, mereka nanti juga bisa latihan untuk memberikan prestasi terus menerus. Jadi mereka bisa mendapatkan pekerjaan, selain bonus tentunya kalau memang kembali meraih medali dalam Porprov nanti," katanya.


Reza mencatat 90 medali disumbangkan atlet Kabupaten Bekasi untuk Kontingen Provinsi Jawa Barat pada PON XX Papua dengan rincian 39 emas, 22 perak, dan 29 perunggu. Jumlah tersebut setara dengan 25 persen total medali yang diraih Jawa Barat yakni 133 emas, 105 perak, dan 118 perunggu.


"Jadi banyak sekali atlet dari Kabupaten Bekasi yang berprestasi sehingga saya menilai mereka butuh diberikan apresiasi dalam bentuk lain selain bonus saat berhasil meraih medali," ucapnya.

"Ada 1.300 atlet dan pelatih yang kami berikan akomodasi dari KONI. Jumlahnya pun tergantung dari prestasi mereka. Sejauh ini kan hanya stimulus saja support-nya, belum bisa memenuhi kebutuhan secara maksimal. Kalau kesejahteraan mereka sudah terselesaikan dalam arti ada jaminan hidup, prestasi pasti akan tumbuh," katanya.


Salah satu atlet berprestasi yang meraih medali emas dalam tiga PON berturut-turut Billy Sugara berharap pemerintah lebih memperhatikan masa depan atlet sehingga selepas pensiun mereka memiliki pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup.


"Saya sangat senang dengan perhatian dari Ketua KONI karena mengupayakan hal itu. Terutama bagi atlet seperti saya yang belum mendapatkan pekerjaan. Saya sendiri sehari-hari benar-benar fokus di judo. Jadi saya sangat mengharapkan bisa diberdayakan oleh Pemkab Bekasi. Karena tidak semua atlet punya pekerjaan lain," kata dia.(Sri Haryati)




Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini