Film Festival Uni Eropa ke-22 “Europe on Screen (EoS) 2022” Resmi Berakhir

  • Whatsapp
banner 468x60 setelah gambar unggulan pada postingan berita

Jakarta, Beritainn,- Dapatkan respon positif dari para penonton, Film Festival Uni Eropa ke-22 “Europe on Screen (EoS) 2022” telah resmi berakhir.

Europe on Screen 2022 hadir di Indonesia sebagai bentuk bagian dari Festival Film Uni Eropa ke-22. EoS 2022 ini mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat Indonesia dengan hadirnya acara ini pada enam kota besar yang ada di Indonesia, selain itu acara ini juga dihadirkan secara hybrid sehingga para masyarakat yang rindu dengan acara offline menjadi semakin tertarik dengan kehadiran EoS 2022.


Telat tercatat bahwa EoS 2022 telah menggelar sebanyak 178 pemutaran offline di 16 lokasi yang ada di beberapa kota seperti Jakartam Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya, dan juga Yogyakarta. Sedangkan untuk penayangan secara online bisa disaksikan melalui FestivalScope.com.

“Tahun ini, kami hadirkan 69 film dari 25 negara Eropa dan 20 fiskusi film, webinar dan lokakarya yang menghibur dan memperkaya wawasan. Melalui film-film ini, kami dapat menampilkan kepada publik Indonesia tentang keragaman Eropa – termasuk budaya, geografis, sosial dan bahasa – serta kreativitas sektor audio visual Eropa. Kami juga meningkatkan interaksi antara para pakar film Eropa dengan para mahasiswa film di Indonesia. Semoga dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan akan dapat mendukung kreativitas para siswa.” Jelas Vincent Piket selaku Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia.


Pada Minggu malam (26/6) pagelaran ini pun resmi ditutup, acara tersebut dilaksanakan di Goethe-Institut Indonesien, Jakarta. Festival ini pun ditutup dengan pemutaran dilm “The Big Hit” yang merupakan karya dari Emmanuel Curcol.
Film tersebut menceritakan tentang seorang actor pengangguran yang menerima sebuah pekerjaan untuk menyutradarai teater di penjara. Merasa kagum dengan bakat para narapidana, sang sutradara dan narapidana pun mulai melakoni drama teater terkenal yakni “Menunggu Godot” dan melakukan tur ke luar penjara.
Walaupun festival film ini telah berakhir, akan tetapi EoS 2022 masih menyediakan 28 film yang bisa di tonton secara daring. EoS juga terus melanjutkan tradisi sebelumnya yakni pada penutupan acara EoS mengumumkan ketiga pemenang Short Film Pitching Project (SFPP) 2022.

Beberapa nama pemenang kompetisi EoS tahun 2022 ini yaitu “Sing, Bee, Sing!” yang merupakan karya Gin Teguh dari Magelang, kemudian ada “Passing” karya Gisela Levy dari Jakarta, dan pemenang terakhir yakni “Make a Wish” yang merupakan karya dari Adventio Diyar dari Surakarta. Ke-3 pemenang tersebut akan mendapatkan hadiah masing-masing dan tentunya memiliki kesempatan untuk menanyangkan film nya secara perdana pada EoS 2023. (Chintya)

banner 300x250 dibawah postingan
banner 468x60 dibawah konten pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.