“Aksi Bersih Sungai Surabaya” Oleh Yayasan Wings Peduli dan Dinas Lingkungan Hidup (DHL) Kota Surabaya

  • Whatsapp
banner 468x60 setelah gambar unggulan pada postingan berita

Jakarta, Beritainn,- Lingkungan yang bersih, aman, dan tenteram merupakan dambaan setiap orang. Oleh karena itu di kesempatan kali ini Wings Group Indonesia melalui Yayasan Wings Peduli, hadir untuk mewujudkan lingkungan yang bersih bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Surabaya.

Yayasan Wings Peduli kembali ditengah masyarajat dengan sebuah niat yang sangat mulia, dengan menggandeng DLH Pemerintah Kota Surabaya, Yayasan Wings Peduli mengadakan sebuah kegiatan yang bertemakan “Aksi Bersih Sungai Surabaya”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan sungai yang bersih agar tidak menghambat aliran air yang ada di dalamnya.

Kegiatan bersih-bersih sampah yang ada di sungai akan tersebar dalam tiga titik saluran primer di Kota Surabaya, yakni saluran Asemrowo sepanjang 828 meter dengan lebar 33 meter, saluran Tambak Wedi sepanjang 6.178 meter dengan lebar 27 meter, serta saluran di Kawasan Bukit Barisan. Selain melakukan kegiatan bersih-bersih tersebut, Yayasan Wings Peduli juga turut memasang fasilitas kebersihan yaitu berupa trash boom yang akan bergunan untuk membantu pembersihan lingkungan secara berkelanjutan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Wings Peduli atas bantuannya dalam aksi penanganan sampah yang ada di beberapa saluran sungai Surabaya. Dalam kegiatan kali ini, Yayasan Wings Peduli juga turut berpartisipasi dalam menyewakan kapal ponton berukuran 200 feet yang akan kami gunakan selama empat bulan untuk membersihkan sistem drainase yang ada di Asemrowo dan Kali Tebu yang berfungsi mengangkut eskavator dan menormalisasi sungai,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro.


Pada kegiatan ini dipilih saluran Asemrewo dan Tambak Wedi dikarenakan kedua saluran tersebut adalah saluran utama di Kota Surabaya, sedangkan untuk saluran Tambak Wedi sendiri pun terbagi dalam dua zona yaitu sisi Pegirian dan sisi Kali Tebu. Kegiatan pembersihan yang dilakukan oleh Yayasan Wings Peduli dan segenap pemerintah kota Surabaya ini pun dapat memberikan banyak manfaat, contohnya seperti dapat mengurangi sampah rumah tangga, mengurangi resiko dan membantu proses penanggulangan banjir, dan juga dapat menambah daya tamping air yang dapat memperlancar aliran drainase.
Kegiatan positif yang kerap dilakukan oleh Yayasan Wings Penduli ini sangatlah membantu masyarakat dan juga pemerintah dalam mewujudkan lingkungan hidup yang bersih, komitmen besar yang ditunjukkan oleh Yayasan wings Peduli merupakan bentuk tanggung jawab sosial terhadap lingkungan. Kegiatan bersih-bersih sungai ini pun bukanlah pertama kalinya, sebelunya Yayasan Wings Peduli sudah melakukan kegiatan seperti “Gerakan Cinta Laut” yang letaknya di Kali Adem Muara Angke dan juga “Gerakan Adopsi Sungai Brantas”.
Menjaga lingkungan disekitar kita adalah tugas bersama bagi setiap orang yang ada, sebagai pengguna dan penikmat dari lingkungan sekitar kita juga harus turut andil dalam merawatnya. Oleh karena itu menjadi lingkungan dan sungai yang ada merupakan tugas bersama seluruh masyarakat. (Chintya)

 

banner 300x250 dibawah postingan
banner 468x60 dibawah konten pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.