Muncul Petisi MA ambil Alih Eksekusi PT KA, ini Kata Jubir PN Suka Makmue

  • Whatsapp
banner 468x60 setelah gambar unggulan pada postingan berita

Jakarta, Beritainn, – Juru Bicara Pengadilan Negeri Suka Makmue, Rangga Lukita Desnata angkat bicara terkait munculnya petisi yang berisikan permintaan kepada Mahkamah Agung (MA) untuk mengambil alih eksekusi kasus PT Kalista Alam (PT KA).

 

“Sampai dengan saat ini Pengadilan Negeri Suka Makmue sedang menunggu hasil penilaian (Appraisal) KJPP Mushofah Mono Igfirly dan Rekan (KJPP MMI) terhadap aset PT Kalista Alam sebelum melanjutkan ke tahap lelang eksekusi berikutnya,” ujar Rangga seperti dikutip dari press release yang diterima, Jumat 24/12/2021.

 

Sebelumnya, petisi melalui situs change.org itu telah ditandatangani sebanyak 8.000 orang. Forum Lembaga Swadaya Masyarakat Aceh (Forum LSM Aceh) sebagai inisiator menyerahkan petisi tersebut ke Kantor MA di Jakarta Pusat pada Senin 12/12/2021 lalu.

 

“Kami sangat berharap agar MA dapat mendengarkan suara masyarakat di Aceh dan kasus ini dapat segera dieksekusi”, tutur Sudirman, Ketua Forum LSM Aceh usai penyerahan petisi di MA.

 

Sementara itu, Hakim Sugeng Riyono selaku anggota Pokja Lingkungan MA mengakui kalau eksekusi terhadap PT Kallista Alam itu tidak semudah eksekusi kasus lainnya.

 

“Memang benar ada kekosongan hukum di sana, sehingga ini yang membuat Ketua PN Suka Makmue tidak mau berspekulasi memerintahkan juru sita melakukan eksekusi di lapangan. Tapi kekosongan hukum ini seharusnya bisa diatasi melalui proses judicial activism, yakni semacam terobosan hukum untuk mengisi kekosongan yang ada. Judicial activism ini sangat penting dalam rangka mewujudkan keadilan,” kata Sugeng.(AL)

banner 300x250 dibawah postingan
banner 468x60 dibawah konten pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *