Astra Life Memberi Tip Untuk Pelaku Bisnis UMKM

Jakarta, Beritainn.com, – Setelah memberikan Tunjangan Hari Raya atau THR untuk karyawan, pelaku bisnis UMKM perlu menjaga cash flow bisnis agar tetap mendukung kestabilan arus keuangan bisnis. Di sisi lain, pelaku bisnis juga harus menjaga operasional bisnis berjalan dengan baik. Menurut laporan survei Global Talent Trends 2024 dari Mercer, 48% karyawan memprioritaskanpenawaran manfaat kesehatan dan kesejahteraan minimum bagi pekerja, namun baru 29% perusahaan atau organisasi di wilayah Asia yang fokus pada kesehatan dan kesejahteraan karyawan tersebut.

Tidak hanya itu, laporan Mercer menyatakan prioritas kedua yaitu 42% karyawan menginginkan pilihan investasi berkelanjutan dalam merencanakan pensiun namun baru 32% perusahaan atau organisasi di wilayah Asia yang fokus pada rencana pensiun karyawan tersebut. Rina Noviantiselaku Group Business and DPLK Group Head Astra Life mengatakan, “Dalam laporan survei tersebut, salah satu aspek penting untuk mendukung produktivitas karyawan adalah dengan memenuhi kebutuhan proteksi asuransi kesehatan dan dana pensiun.

Namun, perlu disiasati juga agar fasilitas yang diberikan tidak mengganggu cash flow bisnis.”Berikut Tips Dorong Produktivitas Karyawan a la Astra Life:

1. Lengkapi proteksi asuransi kesehatan swasta untuk karyawan selain program jaminan kesehatan dari pemerintah.
2. Beri kompensasi benefit dana pensiun menyiapkan dana pensiun, di Astra Life, untuk mengelola dana pensiun tersebut, dapat dilakukan lewat Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Astra
3. Berikan upah lembur yang sesuai setiap karyawan, Upah lembur bagi karyawan juga tertuang dalam pasal 77 dan 78 Omnibus Law Cipta Kerja yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30 Desember 2022 lalu. PT ASURANSI JIWA ASTRA Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
4. Adakan kegiatan yang mendorong kesehatan fisik Selain kegiatan training yang biasa diberikan perusahaan untuk karyawan agar dapat meningkatkan kompetensi kerja. Hal yang tidak kalah penting dan menarik lainnya adalah aktivitas yang mendorong kesehatan fisik para karyawan.
5. Berikan literasi keuangan untuk karyawan untuk meningkatkan kesadaran akan keuangan masa depan, Apalagi edukasi pensiun yang perlu didapat sedini mungkin agar karyawan dapat menjaga kesejahteraan di masa tua, mengatasi biaya hidup yang terus meningkat, dan memberikan kebebasan dan kemandirian finansial.

“Kami berharap edukasi ini dapat mempermudah pelaku bisnis UMKM dalam mendorong produktivitas karyawan sehingga dapat mendukung operasional bisnis UMKM berjalan dengan baik.” ujar Rina. Bagi para pelaku bisnis UMKM dapat mengakses lebih detail terkait produk AVA Group Medical Protection dan DPLK, melalui website resmi Astra Life melalui www.astralife.co.id atau dapat menghubungi Contact Center Hello Astra Life 24 jam di nomor 1 500 282, serta nomor WhatsApp 08952-1500282 dan layanan e-mail hello@astralife.co.id yang tersedia dari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.(ALN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *