Pemasangan Ke-20 Panel Surya Berkapasitas 10,8 KwP di Cabang Cikarang Diwujudkan FIFGROUP

Cikarang, Beritainn.com, – FIFGROUP, anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, meresmikan pemasangan solar panel ke-20 di Kantor FIFGROUP Cabang Cikarang. Pemasangan panel surya berkapasitas 10,8 KwP ini merupakan langkah penting dalam upaya FIFGROUP untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan transisi menuju energi ramah lingkungan.

FIFGROUP menargetkan penambahan instalasi solar panel di 12 titik cabang, dan hari ini menjadi yang ke-2 di tahun 2024, setelah sebelumnya sudah dilakukan pada awal April 2024 berlokasi di FIFGROUP Cabang Serang. Menurut rencana, implementasi project pemasangan solar panel FIFGROUP 2024 selanjutnya akan dilakukan di cabang Palu, Pontianak 1, Surabaya 1, Palangkaraya, Lampung, Sorong, Pangkal Pinang, Batam 1, Jatiuwung, dan Pondok Gede.

Kegiatan ini menyusul pemasangan instalasi solar panel di sepuluh kantor cabang pada tahun 2023, tujuh cabang sebelumnya pada 2022 dan satu cabang pada 2019. Sehingga total sampai dengan 26 April 2024, sudah 20 solar panel yang telah diresmikan oleh FIFGROUP yang tersebar di Indonesia.

Hadir dalam peresmian kali ini, Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan beserta Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati.

“Mari seluruh karyawan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya aksi keberlanjutan, dengan salah satu fokusnya adalah pengurangan jejak karbon.Tindakan nyata dimulai dari diri sendiri, seperti menghemat energi dan memilih sumber daya yang ramah lingkungan.,” ungkap Esther lebih lanjut.

Dukungan terhadap program keberlanjutan perusahaan Cikarang menjadi salah satu yang terpilih untuk dilakukan instalasi solar panel karena tingkat sinar matahari yang tinggi di daerah tersebut. Kondisi intensitas irradiasi matahari Cikarang tercatat sebesar 1.702,9 KWh/m2, sesuai dengan data dari Global Horizontal Irradiation (GHI) yang memiliki intenstitas irradiasi tertinggi berada di wilayah Indonesia bagian Selatan (kisaran 1.600 KWh/m2 sampai dengan 2.000 KWh/m2).

Di 2023, FIFGROUP telah melakukan 10 instalasi solar panel yang berlokasi di Cabang Medan, Denpasar, Pekanbaru, Rungkut, Makassar, Palembang, Jayapura, Mataram, Karawang, dan Balikpapan. Pada tahun 2024 ini, perseroan berkomitmen untuk melakukan pemasangan instalasi solar panel sebanyak 12 titik lokasi kantor cabang.

“Pemasangan solar panel ini juga seirama dengan misi FIFGROUP dalam menjalankan program keberlanjutan yang sejalan dengan Environment, Social, and Governance (ESG). Oleh karenanya, di mana setiap individu dan pihak harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan emisi GRK agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari bagi generasi mendatang,” lanjut Esther.

FIFGROUP berharap melalui instalasi solar panel yang dilakukan secara berkesinambungan si beberapa titik yang tersebar di Indonesia , dapat menjadi inisiatif yang baik dalam memberikan dampak positif bagi keberlanjutan ekosistem lingkungan hidup di bumi dan kehidupan di generasi yang akan datang.

Esther juga menyampaikan terkait kompetisi bagi karyawan internal bertajuk FIFGROUP Sustainability Awards 2024 dengan mengajak seluruh karyawan FIFGROUP untuk berpartisipasi, baik melalui pencapaian sustainability index cabang dalam sub-program Sustainability Index Awards, maupun melalui ide misi keberlanjutan yang inovatif dalam sub-program Sustainability Innovation Ideas dengan inisiatif-inisiatif demi kebaikan perusahaan dan kontribusi kepada lingkungan, sosial dan keamanan.

Perusahaan yang berkantor pusat di selatan Jakarta itu, juga terus berkomitmen menjalankan program kampanye #CARE (Create Action, Rescue Earth) melalui perwujudan aksi nyata perseroan dengan berfokus pada peningkatan awareness karyawan untuk mencapai target keberlanjutan pada tahun 2030.

Pada kampanye tersebut, FIFGROUP membaginya menjadi 3 inisiatif, yaitu #CAREforWaste, #CAREforPeople, dan #CAREforGreenLiving. Untuk #CAREforWaste, FIFGROUP mendorong karyawannya berpartisipasi untuk bijak dalam penggunaan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.

Kemudian melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk pegawai disabilitas dan juga program inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Dan untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP berinisiatif menciptakan kehidupan yang berkelanjutan melalui program yang mendorong karyawan dalam menghemat penggunaan listrik khususnya Air Conditioner (AC) sebagai salah satu penyebab penggunaan listrik berlebihan.

Program ini akan terus digencarkan oleh perusahaan, sehingga kedepannya aksi keberlanjutan tidak hanya dilakukan oleh perseroan tetapi dimulai dari hal kecil yang dapat dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan hingga masyarakat yang merasakan dampaknya.(ALN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *